Senin, 22 Juni 2009

Perkembangan IT dalam Kehidupan Telepon Genggam

Pengantar
Teman-teman, tidak seperti biasanya blog saya berisi hal-hal tak bermutu tanpa konsep. Kali ini saya ingin buat beda.
Sebenarnya gak tau sih penting atau gak, yang pasti postingan ini adalah tugas akhir semester untuk mata kuliah Teknologi Informasi Pengantar, jadi saya akan bercerita tentang IT.



Kata Sambutan
Kepada Bapak Dosen / Mbak Asisten Dosen
Selamat datang di blog saya.. Walaupun saya sedikit gaptek, blog ini telah saya miliki sejak setahun lalu.
Walau saya jarang posting, tetapi saya tak pernah melupakan blog ini.
Pembuatan blog ini berawal dari kesukaan saya pada kegiatan menulis, tetapi juga karena gengsi sih, masak di zaman serba canggih ini saya masih nulis di diary yang hanya bisa dinikmati sendiri, tidak dapat berbagi tawa, sedih, dan harapan.
Selain itu teman-teman saya juga blogger yang aktif, produktif, freaks, kayaknya gak bisa sehari tanpa posting, jadi saya juga suka baca blog mereka.
Namun blogwalking kalau sudah menjalar kemana-mana, saya akui sangat tidak baik, karena menghambat pekerjaan lain yang lebih berguna, tugas, atau belajar.
Intinya, selamat datang .. Enjoy this blog .. Walau isinya sering ngalor-ngidul, blog ini menggambarkan jiwa saya yang dinamis. Hehehee




Cerita tentang 10 tahun yang lalu

Saat itu usia saya masih 9 tahun. Saya menemukan beberapa teman sekolah yang sudah menenteng HandPhone di saku seragamnya.
Saat itu saya masih duduk di kelas 4 SD, sehingga punya HP adalah hal sangat keren.
Tentunya saya gak mau kalah, akhirnya ayah memberikan HP Nokia Seri 3210 kepada saya.

Bahagia. Walaupun hanya bisa untuk telepon minta jemput sekolah, dan SMS tanya PR, saya merasa HP adalah alat yang luar biasa canggih dan mempunyai aura yang bersinar.



Cerita 7 tahun silam
Saya sudah duduk di bangku 1 SMP, ayah teman saya, Dinda, yang bekerja di bagian bea cukai membelikan HP baru untuknya saat dia berhasil diterima di sekolah favorit.
HP Dinda sangat keren, serinya Nokia 3650.

Sangat outstanding, dan belum dijual secara bebas di Indonesia saat itu.
HPnya yang hanya dapat berbahasa Inggris dan Cina itu, punya banyak kelebihan yang tentunya mencolok dianding HP 3310 saya saat itu.
Bisa untuk FOTO! That’s hot. Saya terkesima mendamba. Selain itu HP Dinda juga bisa merekam suara dan video, polyphonic pula.
Saat itu citra modern SMS diganti dengan MMS yang diiklankan dengan orang purbakala membawa HP berwarna, menggunakan MMS untuk berkomunikasi karena mereka belum mengenal bahasa. Lucu.
(Masih ingat?)

Selai HP, Internet juga sudah masuk dalam kehidupan saya di masa SD, namun dulu internet jarang diakses di HP, atau tidak pernah..
Pada masa SMP dan SMA lah teman-teman mulai buka Friendster dari telepon denggam mereka.





Fenomena Blackberry dan Smartphone lainnya


Kalau dulu internet dapat diakses dengan sambungan GPRS lewat HP, kini diciptakan handphone yang super canggih dengan fitur internet berlangganan dan abilitas di area hotspot ataupun wi fii.
Dapat kita lihat di bagaimana penjualan Blackberry, Nokia E-series, atau I-Phone 3 G yang membludak. Sebuah gaya hidup yang sangat modern.
Walaupun Cuma untuk rutin buka status facebook.
Mia is watching movie..
Mia is ngantuk
Mia is stop watching movie..
Mia is curious sama movie
Mia is watching lagi
Mia is ketiduran di depan TV
Mungkin begitu pola-pola pemilik smartphone kebayakan.ehhehee. Tapi It’s Okay..



Walaupun saya tidak begitu menguasai secara detail runtutan perkembangan teknologi informasi pada telepon genggam, namun saya sadar betul perubahan yang signifikan.
Menurut saya perkembangan-perkembangan ini sangat baik, semakin mempermudah kehidupan manusia dan menggambarkan semakin majunya peradaban.
Yang menjadi minus adalah saat teknologi tersebut disalahgunakan dan merusak produktifitas kinerja.

Sekian. Salam..

6 komentar:

ria krisna mengatakan...

mii.. postinganmu yang sebelum2 nya kokk ilangg

hahahahah

copey lagi mengatakan...

masak to, katanya praktisi, indonesia adalah negara terbesar kedua setelah kanada yang penduduknya mengkonsumsi BB. hahah? masak to konsumtif bgt.

Vito Taruna mengatakan...

hahaha
gw orang yang cukup update bwt masalah hp lho mi...
mulai dr siemens m55 yg kuat, tahan aer n bisa dipake buat nimpuk anjing (fact that really happens, hahaha), nokia 3530, nokia pertama yang polyphonic n berwarna pertama, SE T180 yg kameranya bisa dicopot2, 7610 yang bikin gw jd anak paling keren di kelas, o2 xda IIs yang layarnya copot muter2 di mall (what a shame mann),trus 5300 gw yg sekarang amat menyedihkan, terakhir, berbagai macam BB yang GW PERDAGANGKAN!!! hahahaha
ayo2 ada yang mau beli BB gw? murah lhoo, hahahaa

Chia-Phuu mengatakan...

saya mengajukan ptnyaan yg sama ky yg diajukan ria :D

Anonim mengatakan...

hehehe Hidup Untuk Berbagi

Anonim mengatakan...

gk pernah update lagi ya...padahal saya menikmati tulisan2 anda