Minggu, 01 Februari 2009

Tentang Sepertiga Perempuan Menuju Senayan


sebelum dibaca ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu. postingan ini bukan karena saya lagi sok abot, tapi semata hanya tugas liburan, dari majalah equilibrium. bukan buat dimuat sih, makanya saya pikir agak mubazir. makanya saya posting aja. selamat baca^^


Perayaan setahun sekali Hari Kartini tiap 21 April mengingatkan kita pada hakikat kesetaraan gender. Wanita bukanlah lagi objek semu, gambaran kepasrahan dan ketidakberdayaan. Kini mereka merdeka dan bebas berkarya. Tidak terbatasnya ruang lingkup wanita, kini merengkuh sendi kehidupan politik. Wanita Indonesia yang diharapkan tangguh duduk di kursi-kursi perwakilan rakyat. Tahun ini dirancang sepertiga bagian bagi mereka. Namun setelah keputusan caleg terpilih adalah dengan suara terbanyak, apakah tetap layak wanita melenggang untuk 30% kursi hanya dengan alasan memenuhi jatah?
Gonjang-ganjing pemilu. Frase itu yang kiranya tepat untuk merangkum semua pemberitaan penting di media seluruh Indonesia beberapa bulan belakangan. Semakin dekat, sekitar enam puluh hari lagi, kita semua akan berpesta mengenyam nikmat hidup di negara demokrasi. Pesta ini agaknya banyak berbeda dengan yang terdahulu. Pasca ketokan palu Ketua Mahkamah Konstitusi tentang penentuan wakil rakyat dengan suara terbanyak, berbagai pihak mengaku puas, tetapi yang lainnya kecewa lantaran segunung argumen yang juga berdasar. Salah satu argumen yang cukup kuat adalah berkaitan dengan kebijakan penempatan 30% kursi bagi perempuan. Bila caleg terpilih adalah mereka yang mendapat dukungan terbaik, maka undang-undang mengenai pengkaderan wanita tidak akan berjalan sesuai rencana, karena bisa saja semua yang mendapatkan suara terbanyak adalah kaum pria. Komisi Pemilihan Umum yang notabene tidak berhak melakukan interfensi terhadap keputusan pemilu angkat bicara bahwa apapun yang terjadi nanti, harus tetap ada 30% wanita di DPRD dan DPR.
Sedikit mengulas tentang situasi bila suara terbanyaklah yang menentukan kemenangan seorang calon legislatif. Ibarat kata, pertempuran makin sengit, dan mereka yang bertarung akan mengeluarkan segenap kekuatan untuk menjadi yang terbaik. Hal yang dikawatirkan adalah mereka yang berkantung tebal akan diuntungkan atas kondisi ini, semuanya berkutat pada pemilih, bukan lagi keberuntungan nomor urut. Inilah yang mendasari anggapan bahwa perempuan akan sulit mengenyam jalan lurus menuju kursi dewan.
Merujuk kepada asas keadilan, misalnya saja digambarkan bahwa satu partai memperoleh sembilan kusi di daerah X, urutan 1-8 diduduki oleh pria, dan 9-12 wanita. Bila 30% harus wanita, maka otomatis para pria di posisi tujuh dan delapan, harus rela digeser oleh wanita posisi sembilan dan sepuluh, sedangkan si sebelas duduk di kursi terakhir. Andaikan data kongkretnya, pria posisi tujuh mendapatkan 3000 suara, wanita posisi sembilan 1000, apakah ini adil? Bahkan pria posisi tujuh ini harus memberikan kursi terakhir kepada wanita ke sebelas yang hanya dapatkan 200 suara. Pria posisi delapan pun harus kecewa berat, mengingat 1800 suara yang ia dapatkan ternyata sia-sia dibanding 1000 suara yang didapat seorang wanita.
Analisis terakhir, mengenai harkat riil seorang wanita. Bukankah putusan ini tampak seperti sekadar belas asih atas segala keterbatasan mereka? Padahal tidak sedikit wanita di negeri ini yang mempunyai potensi besar dan diyakini mampu berdiri sejajar dengan pria. Sebenarnya tanpa alasan 30% pun, bila seorang wanita memang layak untuk jadi anggota dewan, ia tetap akan duduk di kursi itu.
Arti sesungguhnya dari pemilihan umum adalah bukan bagaimana seseorang menaiki tangga kekuasaan, tetapi bagaimana rakyat memulai lembaran baru di negara dengan pemimpin yang punya kekuatan besar dan mampu mengubah kehidupan mereka ke arah yang lebih baik.
Habis gelap terbitlah terang, begitu kata R.A. Kartini. Setelah berabad-abad masa suram kita alami, kini saatnya wanita bangkit. Kebangkitan menuju eksistensi bukan dengan berunding hebat memperjuangkan kemurahan hati sebagai medianya, seperti yang kini dilakukan oleh beberapa anggota KPU perempuan. Kekuatan kita sendirilah yang dapat memancarkan eksistensi tersebut. R.A.Kartini tidak pernah meminta sebuah sekolah lengkap untuk diisi pelajar wanita, bukan? Beliau menyusun keping demi keping harapan dan perjuangan menjadi sejuntai kalung indah sebagai hiasan bagi wanita, lebih dari kecantikan semata. Sama halnya, wanita bisa melenggang ke Senayan tanpa harus dijadikan pelengkap memenuhi tempat mereka, justru persaingan yang sesungguhnya baru dimulai bila mereka disejajarkan dengan pria.rahmia.

41 komentar:

adrie primera mengatakan...

Setuju bgt!

Salam Bangkit Indonesia!

meauwlycious mengatakan...

tengso bung adrie

Fu! mengatakan...

bagus mi.. hehheh

ria krisna mengatakan...

tapi aku ga suka pemilu skrg
politik industri ra si..

Tapi kyknya emg sementara itu cara terbaik.
hhe.

Radityo Akhmedika Fauzie mengatakan...

Aku sih percaya,niscaya Alloh tidak membeda2kan kapabilitas ciptaan nya hanya berdasarkan kromosom yang Y atau X,jadi pensejajaran wanita dgn pria ya memang sudah semestinya.

Kecerdasan manusia aja secara genetik dibawa oleh ibunya, karena saat 14 jam setelah fertilisasi, sel sperm yang masuk ke ovum, akan melepas dan membuang "ekor" nya, yang mengandung mitokondria,yg mengandung genetik ATP dari sang ayah.. kesimpulannya, faktor genetis kecerdasannya cuma dari ibu kan..
maka,
anak cerdas --> karena perempuan yang cerdas pula..

Loretta Ollich mengatakan...

"Bukankah putusan ini tampak seperti sekadar belas asih atas segala keterbatasan mereka? Padahal tidak sedikit wanita di negeri ini yang mempunyai potensi besar dan diyakini mampu berdiri sejajar dengan pria"

aku juga sering ngerasa gitu mi,,

btw tulisanmu bagus. aku suka..

rizkabukansimsimapalagisimbah mengatakan...

He'eh. Kayaknya sekarang wanita dah nggak butuh belas kasih macam itu.
Kok nggak dimuat, mi? eman-eman...

Indy Rinastiti mengatakan...

Radityo said:
Kecerdasan manusia aja secara genetik dibawa oleh ibunya, karena saat 14 jam setelah fertilisasi, sel sperm yang masuk ke ovum, akan melepas dan membuang "ekor" nya, yang mengandung mitokondria,yg mengandung genetik ATP dari sang ayah.. kesimpulannya, faktor genetis kecerdasannya cuma dari ibu kan..
maka,
anak cerdas --> karena perempuan yang cerdas pula..

lho, dalam proses fertilisasi itu, ayah bertanggungjawab untuk mendonorkan beberapa bahan yg penting, 1. SOAF (tanpa ini telur ngga bisa membelah dan gag jadi manusia), 2. Materi genetik!!! (kepandaian bisa turun dari ayah juga karena ayah juga MEWARISKAN kode genetik dalam spermanya) 3. Sentriol (utk pembelahan juga)

Intinya saya kurang setuju jika kepandaiaan saya hanya sumbangan dari ibu saja (walaupun saya sendiri perempuan),saya percaya kepandaian saya juga warisan dari ayah saya

Radityo Akhmedika Fauzie mengatakan...

mi, maap ya numpang nulis lagi..
For ms.Indy:
begini,SOAF, sentriol, itu cuma media pendukung pembelahan sel. Tau kan kalo penyusun sentriol itu Mikrotubulus?? mikrotubulus sendri apa, dia polimer dari tubulin kan??
tubulin sendiri apa, dia komponen protein yang strukturnya gak mengandung gula ribosa kan??
kesimpulannya, dia gak punya komponen asam nukleat yang merupakan faktor genetis.
Oke, tentu genetik ayah dan ibu memang faktor genetik dari anak, tapi tau gak bahwa kromosom 15 dan 17 yang menyusun neuron2 CNS(otak dan medula oblongata), itu pada sel gamet pria 87% terkandung pada mitokondria, yang pd sel sprem, terdapat pada ekor yang di jam ke-14 akan di digesti.
So, It's come still and supposed to from your mother..
-Langman,Medical Embriology -

meauwlycious mengatakan...

for mba Fu': kan didikan mbak fu di progresif.hhhehehehe

gel2: itu proses politik, masyarakat yang ikut membuat keadaan itu berlangsung nampaknya.

radit: iyah..setuju deh.banyak perempuan tangguh. tapi lebih banyak wanita super tangguh di balik lelaki yang tangguh.

etak: tengkii.kita memang wonder woman

indy-radit:hedeh. aku ga dong. tapi tengs atas perhatiannya^^
simsim:bener bgt. aku ga mendiskreditkan perempuan, tapi, aku ga mau wanita dianggap menang bejo doang

MUKIYO mengatakan...

Semoga Pemilu mendatang sukses tanpa banyak rintangan.

Salam kenal. MERDEKA!

Anonim mengatakan...

Edyannn...
"Habis gelap terbitlah terang", sayangnya terlalu sedikit orang di Indonesia yang menyadari bahwa "Indonesia" sedang "gelap". Ato malah "Indonesia" sudah terbiasa dengan "gelap"???
Untung ada beberapa orang Indonesia yang menyadari "gelap" itu (salah satuny kamu).
Mudah2an wanita2 yang menuju Senayan setidaknya menyadari ini, dan mampu menerbitkan "terang" itu.

Emang dilematis sih penetapan peraturan yang satu ini. Kalo pake yang satu, ada ruginy. pake yg satuny lg juga ad ruginy.

Trus, kalo sampe kejadian kaya' ilustrasi d daerah X tjadi, bukankah hal itu malah "memperkosa" hak caleg pria tsb?

Aturan 30% itu justru memperkuat kesan bhwa cewek di bawah cowok. Cewek selalu lebih lemah...
Indonesia tidak butuh peraturan seperti ini.

Sebagai PRIA saya mengatakan, "majulah wanita Indonesia, majulah Indonesia!!! Terbitkan terangmu!!!"(mungkin pernyataan ini tdengar kebencong-bencongan, tapi itu hanya bagi org2 yg otakny tlalu smpit, dan hany berkutat dipersoalan genital dan gender.hehe)
Asal kemajuan wanita itu jangan sampai "memperkosa" kami, para pria.HAHA...

jufrizal mengatakan...

salam kenal

ting..tong....

kaburrrr......

meauwlycious mengatakan...

benar bung ucok..
setuju.
saya yakin banyak wanita indonesia yang cerdas, kuat, dan berdedikasi tinggi..

ria krisna mengatakan...

huehehe. aku juga pernah denger dri guru biologi ku bahwa kecerdasan di dapat dari ibu.
CMIIW
kLo cowok pinter pasti dri ibunya. Tapi klo cewe pinter bisa karena turunan bapaknya juga. Ya ga?
Aku cuma dgr dri guruku. Itupun klo ga salah inget.

Mi, itu pertanyaan ga buat kamu kok. Haha...

copey lagi mengatakan...

aku suka postinganya mia..haha.
emm..kalo menurutku sih, knapa wanita cerdas tu jarang terdengar gaungnya di indonesia kayaknya karna budaya aja deh..hehe.
semacam, cewe harusnya nikah umur 25 a, walaupun secara biologis itu masa suburnya wanita, lalu knapa?
begitu loh..jadi, wanita indonesia masih banyak yang berhenti berkarya setelah nikah, karna punya anak. padahal, nggak apa lo..walaupun udah nikah, jangan punya anak dulu.. atau nikahnya jangan buru2..
katanya sih, takut jadi perawan tua. tapi sebenarnya, apakah jadi single sampe tua itu salah?(nggak nyambung, sori,, haha )
btw, dosenku banyak yang feminis loh..hehe. dan mereka independen secara materi dan finansial.

meauwlycious mengatakan...

cope medeni..jangan cop.uda nikah juga bisa berkarya.mamaku bergaya ala pekerja depsos setiap hari.itu mungkin bidang yang tepat.

gel:sippo gel..

Anonim mengatakan...

wah bagus nih tulisannya..tapi sayang saya bacanya telat..he4

Kalo menurut pendapat pribadi saya.
Memang banyak wanita indonesia yang hebat dan bahkan terkadang mampu mengungguli kualitas kaum adam.
Namun menurut saya, intervensi KPU bukan dikarenakan oleh rasa belas kasihan, tapi lebih merujuk pada PERLINDUNGAN.

Kenapa saya bisa berpikir seperti itu?
Jadi gini, sebelumnya saya mohon diluruskan jika ternyata pola pikir saya agak berbeda, maklum saya bukan pakar di ranah politik dan sosial.
Saya melihat dan menyadari bahwa banyak jutaan orang indonesia yang bisa dibilang adalah tipe orang yang malas berpikir (entah karena tingkat pendidikan yang rendah ato lingkungan). Seandainya mereka harus berpikir itupun hanya sekedar untuk mencari cara bagaimana memperoleh uang untuk mencukupi kebutuhan pokok mereka, bahkan jika pada akhirnya mereka punya duit lebih, itupun juga cuma untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat hedonis dan matrealis.
Menurut saya, orang² seperti itulah yang menjadi sasaran empuk bagi para caleg yang berkantong tebal untuk menjadi target 'promosi'.
Kita juga sering melihat terkadang ada caleg² kelas kakap berkantong tebal melakukan ekspansi dengan cara yang mungkin bisa memikat hati orang² yang malas berpikir, ya mungkin seperti memberi uang mentah, ato mungkin memberi fasilitas² (entah itu kaos ato sekedar alat tani), ato mungkin juga memberi janji² bombastis akan kehidupan yang lebih baik dimasa mendatang.
Dan kita harus mengakui bahwa cara² tersebut sangat ampuh untuk mempengaruhi mayoritas masyarakat indonesia dalam 'menyumbangkan' suaranya pada pemilu mendatang.
Maka, bukan hal yang mustahil jika orang² yang menjadi objek kampanye tersebut hanya terfokus pada caleg bermodal dana besar dari 1 ato 2 partai saja yang menurut mereka oke untuk dipilih di pemilu mendatang.

Lalu gimana dengan nasib caleg dari partai lain yang tidak menjadi fokus dari calon pemilih?

Menurut saya, karena mayoritas pemilih adalah tipe yang malas berpikir, saya dapat berasumsi bahwa kelak pemilih akan melakukan 'asal pilih' pada caleg yang bukan menjadi fokus mereka, a.k.a 'waton nyentang'.
Kalau mengaplikasikan chaos theory dalam kasus 'waton nyentang', maka kemungkinan besar para pemilih akan mencontreng nama caleg (yang bukan menjadi fokus pemilih) yang pertama kali mereka LIHAT di tabel tiap partai. Dengan kata lain, yang kepilih hanya caleg yang punya nomor urut 1 dan kalau mempertimbangkan marjin erornya maka caleg nomor urut 2 dan 3 juga punya kemungkinan besar untuk 'tak sengaja' kepilih.

Bagi saya ini merupakan masalah besar, karena kalau saya melihat kenyataan di lapangan, caleg wanita umumnya tidak mendapatkan nomor 'cantik' itu (nomor urut 1, 2, dan 3). Nyaris semua nomor 'cantik' di tiap partai itu di huni oleh kaum pria, ya memang ada wanita yang punya nomor 'cantik', tapi sejauh ini saya hanya melihat sedikit sekali.

Jadi itulah alasan saya mengatakan bahwa KPU ingin melindungi kaum wanita.

Ok, itu cuma pendapat saya, kalau salah tolong diluruskan, karena saya adalah orang yang bangga dalam mengakui kesalahan yang saya buat.

Salam Dahsyat!

meauwlycious mengatakan...

begini bung papang, sebenarnya di beberapa daerah juga banyak wanita mendapat nomor cantik, walaupun harus kita akui lebih banyak kaum pria yang mendapatkan.

pimpinan redaksi saya berkata bahwa tulisan saya ini cacat fakta, dia mempertanyakan apa hubungan antara pria berkantung tebal dengan risiko tidak terpilihnya wanita?

saya setuju, karena memang saya hanya membaca info itu di koran, tanpa tau alasan kuatnya.

karena tulisan saya asalah opini, saya tidak mempertimbangkannya di awal.

terima kasih atas apresiasi Anda, semoga bisa menambah kemampuan saya menulis..

salam..

Anonim mengatakan...

http://www.fragrance-direct.info/ Discounted fragrance beads 100.55ml diners club Purchase Glamourous Daylight 60ml bonus wholesale perfume fragrances 80ml online best Jovan Black Musk 3.4 UK FL OZ website best Chloe (new) 3.4 UK FL OZ reviews Sale of Capucci Opera Iii 25ml deals cheapest mens cologne ad 3.4 FL OZ 100ml website Purchase Michelle 1 FL OZ biggest discounts wholesale create your own fragrance 0.5 FL OZ compare prices Discounted Eau De Dali 50ml biggest discounts Shop for Ck One Summer 100.55ml gift sets cheapest Island Kiss 0.17 FL OZ diners club not fake armani fragrance for men 1.5ml deals original Venus De L'amour 30ml paypal Shop for Cinema 100.55ml biggest discounts cheap Nude 1.5ml paypal wholesale best perfumes for young women 50ml amex Get Cabotine Bleu 5ml online Where to buy L'eau De Monteil 15ml gift sets Discounted coconut fragrance oil 0.5 FL OZ amex

[b]Get the best deals on Mens and Womens Perfumes.[/b]
[url=http://cloakedlink.com/nsayuwazuf]
[img]http://fragrance-direct.info/bigarrow.gif[/img]

http://cloakedlink.com/nsayuwazuf <== VISIT THIS SITE TODAY (Up to[u] 80% Discount[/u] on select items)
[/url]



[size=1] IGNORE THIS----------------------------
[url=http://lucasbuckley157.vox.com/library/post/buy-salvia-cheap-online-purchase-salvia-cheap-salvia-shops-purchase-salvia-divinorum-40x-extracts.html] Order Salvia Extracts Cheap Online [/url]
[url=http://sites.google.com/site/buysalviacheaponline/buy-salvia-cheap-online-purchase-salvia-cheap-salvia-shops-purchase-salvia-divinorum-40x-extracts] Purchase Salvia Powder Inexpensive Online [/url]
[url=http://wheretobuysalvi.livejournal.com/463.html]Order Salvia Powder Cheap Online [/url]
[url=http://buysalviacheap3.blogspot.com/2010/01/buy-salvia-cheap-online-purchase-salvia.html]Purchase Salvia Powder Cheap Online [/url]

Kimberley teeth whitening toothpaste best tooth whitening system main Gatineau [url=http://teethwhiteningstripsreviews.info] tooth whitener strip review[/url] Sandwell teeth wehitening St. Louis Tochigi tooth whitening sensitivity tucson arizona teeth whitening portsmouth virginia teeth whitening do it yourself teeth whitening 6ooth whitening United Kingdom teeth whiteing bright white teeth whitening tools Stanstead now

[url=http://guaranteedheightincrease.info/]height enhancement[/url] - http://guaranteedheightincrease.info/

[url=http://provenpenisenlargement.info/]proven penis growth[/url] - http://provenpenisenlargement.info/

[url=http://provenskincareadvice.info/]skin care tips[/url] - http://provenskincareadvice.info/

[url=http://getrichgambling.info/]get riches gambling[/url] - http://getrichgambling.info/

[url=http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/]herpes outbreak[/url] - http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/

[url=http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO]stop premature ejaculation[/url] - http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO

[url=http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO]3g mobile phones for sale[/url] - http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO

[url=http://internationaloddities.reviewsdiscountsonline.com] international oddities reviews[/url]

[url=http://drobuds.reviewsdiscountsonline.com]reviews of dro buds [/url]

Anonim mengatakan...

Hello

I am new to this spot. Lots of individuals have contributed so many good things here. I would also like to add some thing for this community. I would like to share some [url=http://www.weightrapidloss.com/lose-10-pounds-in-2-weeks-quick-weight-loss-tips]quick weight loss tips[/url]. If you need to know how to lose 10 pounds in a week, you are likely not seeing for a regular dieting and workout plan. You can lose weight with a common diet and workout plan, Still this involves a lot of time doing utmost cardio works out and binding to a strict diet. Here I will draft the exact steps that I took to lose 10 pounds in just a week.

1. Stay away from all deep-fried nutrients for the week
2. Drink an 8oz glass of Citrus paradisi with breakfast each day. (this speeds up up your metabolism)
3. Eat Up fair portions (stop eating when you are full)
4. Instead of taking 3 huge a meals a day, eat up 5-6 small meals to keep your metabolism up and keep your body burning fat.
5. Aviod eating after 9 P.M.. When you eat that late your body does not burn off the calories.
6. Take proper sleep every night. Not having enough sleep causes been proven to be a leading element to the body storing excess fat.
7. Utilise a body/colon cleanse for the 7 days. This will get rid of unnecessary weight stored close to the stomach area as well as cleanse your body of harmfull pollutants that cause you store fat and feel tired. Flush away excess pounds around the stomach area that otherwise would be hard to lose.
8. I advice you using Acai Berry Diet Pills. This one is tested to work, and you can get a free trial.
9. For those mens/womens who wish to burn fat quickly, avoid alcoholic beverage.
10[url=http://www.weightrapidloss.com/lose-10-pounds-in-2-weeks-quick-weight-loss-tips].[/url] A low GI diet is an brilliant method of loosing fat quickly.

Thanks![url=http://www.weightrapidloss.com].[/url]!

Anonim mengatakan...

New here,

I'm here online for the kids of Haiti.

I'm doing this for a non-profit haiti organization that gives their time to
building oppurtunities for the children in haiti. If anybody wants to help then this is the site:

[url=http://universallearningcentre.org]Donate to Haiti[/url] or Help Haiti

They provide children in Haiti a positive learning environment.

Please check it out, they're legit.

It would be awesome if you could help us

Anonim mengatakan...

This might be a bit off-topic but I believe there are a lot of smokers here on www.blogger.com. I have recently decided to find a good manufacturer of electronic cigarettes. I'm done with paying so much for tobacco cigarettes.A friend recommended [url=http://www.insanereleases.info/greensmokef.html]G Smoke[/url] According to their website this is how they described their product:
"Green Smoke offers quality Electronic cigarettes with disposable cartridges that compose of the highest smoke volume in the industry. With a variety of flavors and nicotine levels, Green Smoke's™ patented technology offers convenience and performance that is unmatched. G Smoke products have been independently tested for safety."
I'm thinking of buying them. Anyone else have experience with this e-cigarette?

Anonim mengatakan...

hi

i am trying to insert a [url=http://www.getapoll.com/]pol[/url]l intro this forum and i can't add the code from the page to this forum.
Is there a tutorial so i can add a poll?
i wan't to make a financial poll to know which services are better to apply payday loans or [url=http://www.usainstantpayday.com/]bad credit loans[/url]

thanks
refGraidaVoda

Anonim mengatakan...

Exceptional internet site!

Most everyone needs to acquire insurance at one time or another, whether it is
auto insurance, life insurance, health insurance, or homeowners insurance.
These times it is more painless than ever to get free insurance quotes from various
businesses in order to find the foremost deal. You can also see how to preserve
a good deal of money in free gas when you get your insurance price quotations.

[url=http://freeinsurancequoteshq.com]Insurance price quotes[/url]
http://freeinsurancequoteshq.com

[url=http://familytreesoftware.org/]Family Tree Software[/url]

http://www.weddingringsforever.com/

Anonim mengatakan...

cheap pharmacy refill tramadol ultramidentifing tramadol pills

[url=http://www.bebo.com/buylevitraonline1]buy levitra online from dreampharmaceuticals[/url]

Anonim mengatakan...

Hi there all, I just registered on this incredible community forum and desired to say hiya! Have a impressive day!

Anonim mengatakan...

mark walhberg, [url=http://community.bonniehunt.com/forum/topics/jim-wahlberg-and-mark-wahlberg]mark wahlberg in boogie nights[/url] is mark wahlberg married
gehjfrgghh

Anonim mengatakan...

whats up everyone


just registered and put on my todo list


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

Anonim mengatakan...

Hello

I just wanted to say hi :)

Anonim mengatakan...

[url=http://www.watchtruebloodseason3.net][img]http://www.watchtruebloodseries.com/wp-content/uploads/2010/05/truebloodclaude.jpg[/img][/url]

Hello Vampires

As you all are big fans of True Blood, i came across this great where you already can watch the fith episode of season 2 .
Here is the link where you can watch this great serie, its totally free and you can stream any episode from every season.

Let me know what you think about it!

[url=http://www.watchtruebloodseason3.net]Watch True Blood Online [/url]

[url=http://www.watchtruebloodseason3.net][img]http://img3.sidereel.com/_episodeimage/size.1/5e00.2.16.jpg[/img][/url]

Anonim mengatakan...

Infatuation casinos? make sure of this contemporary [url=http://www.realcazinoz.com]free casino[/url] games. advisor and horseplay online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also inhibit our untrained [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] orientate at http://freecasinogames2010.webs.com and flourish in principal laborious currency !
another late-model [url=http://www.ttittancasino.com]casino[/url] spiele locality is www.ttittancasino.com , because german gamblers, slip in manumitted online casino bonus.

Anonim mengatakan...

Your business card online is definitely an extension of your respective corporation and it is vital for item branding. It reflects your business enterprise profile, your providers and is also fantastic for marketing at the same time as networking. A well planned business card online makes a lasting earliest impression, which can be crucial if you tend not to want your business card thrown away. At Pixellogo, we make available online ingenious create solutions that are necessary while branding your organization image. Browse through our stationery catalogue and pick customizable style and design templates or use our design and style solutions to exclusively design and style your personal business card. Regardless of whether you are a modest start-up firm or an by now established business, you'll be able to uncover your perfect business card structure on this web-site. [url=print free business card
electronic business card [/url]

Pioneering layouts for the business card online! Make the leading use of our business card online companies

We make business card online design to fit your company’s specifications, but which convey your service provider profile in an attention-grabbing way. You will discover designs suiting just about every business require ranging in the food market for the sports market right here! We furnish ready-to-use business card online templates which you can still download and modify as per your necessities. We also give you exclusive design which will reflect your supplier persona within the most specialist way. You will design a business card online by collaborating with our business card maker, who will endow you having a selection of patterns it's possible to select from. If you approve of any creation but would like it to be modified, our business card online maker will alter it for absolutely free! We even add style fx to your cards to produce them further catchy. So what have you been waiting for!? Create your eye-catching business cards online, best below on our ?nternet site.

free business card online
christian business cards
design business card free
business cards design online
make your own business cards
free business card
automotive business cards
cool business cards
business card printing
business card printing online
design your own business card online
electronic business card
business card design software
photo business card
business cards design your own
custom business card
free business card creator
business cards examples
business card designing
1000 business cards

Anonim mengatakan...

hiya


Just saying hello while I read through the posts


hopefully this is just what im looking for, looks like i have a lot to read.

Anonim mengatakan...

Hey People

I wanted to share with you a great site I just came across teaching [url=http://www.kravmagabootcamp.com][b]Krav Maga[/b][/url] like they teach it in the Israeli Army (IDF) If you guys have seen the Tv Show called Fight Quest you would have seen their chief instructor Ran Nakash there featured on their [url=http://www.kravmagabootcamp.com][b]Krav Maga[/b][/url] segment. Anyways, let me know what you think. Is training via the internet something you would do?


all the best

Fred

Anonim mengatakan...

I hope this is the right place to post my introduction. My friends call me roger. I research about --- jogging --- I need [url=http://getsixpack2010abs.wordpress.com/2010/09/08/workout-routines-that-in-some-way-assist-find-6-pack-abs/]six pack abs[/url].
I'll be checking out more of miawlycious.blogspot.com [img]http://six-pack-abs.org/six-pack-abs.gif[/img]

Anonim mengatakan...

Family Guy

Anonim mengatakan...

ï»?One technique to get AFL mementos [url=http://www.coltsfootballstore.com]Nike Andrew Luck Jersey[/url]
to buy online Think about it - a name like R-o-e-t-h-l-i-s-b-e-r-g-e-r just [url=http://www.coltsfootballstore.com]Andrew Luck Jersey[/url]
n't that easy to get right
Suppose you are an ardent fan of some NFL or NBA team and want to cheer your favorite team during a game The word on the street have bounded the Oakland Raiders jerseys staff and have annoy in the hearts and minds of the Raider nation since the close of the regular seasons two and have a l[url=http://www.coltsfootballstore.com]Nike Coby Fleener Jersey[/url]
t of players who like to have seen

Anonim mengatakan...

We [url=http://www.onlineroulette.gd]blackjack[/url] be subjected to a ample library of unqualifiedly unsolicited casino games in regard to you to sport sensibly here in your browser. Whether you appetite to procedure a mesa round master plan or even-handed examine exposed a some late slots before playing for genuine money, we procure you covered. These are the exact uniform games that you can treat cavalierly at real online casinos and you can with them all for free.

Anonim mengatakan...


Our updates Recent articles:

Anonim mengatakan...


У меня проблема с записью болванок DVD. Купил пачку, а они все с какой-то полосой, как будто это прожиг одной дорожки. И Nero отказывается их писать. Почему, тоже отказывается говорить. Пробовал на 6-ой и 9-ой версиях.

Эта полоса - брак или так и должно быть?
[url=http://mp3lists.ru/][color=#E4F4FE] [/color][/url]